Terlihat Sepele, tapi Hal-Hal Ini Dilarang Di Jepang Lho

Posted on

Selain terkenal dengan kemajuan teknologi canggih dan keanekaragaman budaya yang unik, negara jepang juga terkenal sebagai negara yang sangat disiplin terbukti dengan taatnya masyarakat jepang terhadap peraturan yang berlaku disana.

Saat kita berkunjung ke Jepang untuk sekedar wisata atau tinggal dalam waktu lama, sudah menjadi kewajiban kita untuk menaati segala peraturan di negara tersebut baik yang sudah jelas tertulis maupun peraturan sosial yang tidak tertulis. hal ini harus kita lakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap masyarakat di negara tersebut.

Nah agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan fatal yang bahkan tidak kita ketahui sebelumnya mari kita bahas apa sih hal-hal yang dilarang tersebut, agar nantinya kita tidak melanggar karena dapat dianggap tidak sopan dan dapat melukai hati masyarakat disana, atau mungkin kita bisa mendapatkan sangsi karenanya. Berikut hal-hal yang dilarang dilakukan saat berkunjung ke jepang.

1. Menerima dan Memberikan Barang Dengan Satu Tangan.

Salah satu kebiasaan unik masyarakat Jepang adalah memberikan dan menerima barang dengan dua tangan meskipun barang tersebut kecil sekalipun seperti kartu nama. Hal itu mereka lakukan sebagai bentuk hormat terhadap orang lain.

Bahkan saat sedang sibuk sekalipun kasir dijepang lebih memilih untuk memberikan uang kembalian dengan cara meletakannya di nampan kecil yang telah disediakan daripada harus memberikannya dengan satu tangan. nah saat berkunjung ke jepang jangan sekali-kali memberi maupun menerima barang dengan satu tangan karena akan dianggap tidak sopan.

2. Menyerobot Antrian.

Masyarakat jepang memang terkenal dengan ketertibannya, mungkin ini merupakan salah satu faktor majunya negara jepang seperti sekarang ini. salah satu contoh tertibnya masyarakat jepang yaitu dalam hal mengantre.

Masyarakat jepang sudah biasa diajari untuk tertib mengantre sejak dini, baik saat menungu bus, kereta maupun lift mereka terbiasa membuat barisan antrian yang rapi tanpa harus di ingatkan oleh petugas sekalipun. Nah agar tidak dianggap orang tidak tau aturan atau bahkan kena teguran jangan sekali-kali menyerobot antrian, mungkin hal tersebut sudah biasa terjadi di indonesia, tapi jangan dilakukan di Jepang.

3. Berdiri di Tengah Eskalator

Masyarakat jepang juga sangat menghormati sesama pengguna fasilitas umum. hal ini tercermin saat mereka menggunakan eskalator, mereka biasanya berbaris rapi pada salah satu sisi saja dan membiarkan sisi lainnya kosong.

Mengapa demikian? karena mereka menyadari ada pengguna lain yang terburu-buru maka membutuhkan akses cepat. Maka dari itu saat menggunakan eskalator di jepang jangan berdiri di tengah atau berjejer karena dapat menghalangi orang yang terburu-buru tersebut.

4. Menyebrang Jalan Sembarangan

Di negara jepang fasilitas untuk pejalan kaki sudah sangat baik jika dibnding dengan Indonesia, Pengguna kendaraan disana juga sangat menghormati pejalan kaki dan terbiasa mendahulukan pejalan kaki saat akan menyebrang jalan. meski demikian, ada peraturan yang harus kita patuhi.

Kita tidak boleh menyebrang jalan selain di tempat yang telah disediakan, karena selain berbahaya kita juga akan dianggap tidak tau aturan. biasanya di tempat penyebrangan ada lampu petunjuk kapan kita harus menyebrang, meski jauh tetap harus memutar ya, jangan menyebrang sembarangan.

5. Berboncengan Dengan Sepeda

Di Indonesia berboncengan dengan sepeda merupakan hal yang biasa kita lihat, akan tetapi hal tersebut dilarang dijepang karena dianggap berbahaya, selain berboncengan pemerintah jepang juga melarang pengguna sepeda menggunakan headphone saat bersepeda.

Jadi jangan berboncengan saat bersepeda di Jepang karena jika ketahuan polisi jepang akan dikenai sangsi.

6. Membuang Bekas Minyak Goreng bekas ke Wastafel.

Mungkin kita biasa melakukan hal ini di indonesia dan mungkin tidak berefek serius, tapi jika kamu melakukannya di Jepang hal ini akan sangat fatal, kenapa demikian?

Jepang mempunyai empat musim, salah satunya adalah musim dingin, Nah minyak goreng akan membeku jika terkena hawa dingin. jadi, jika kamu membuang minyak goreng bekas ke wastafel ada kemungkinan minyak yang kamu buang tersebut akan membeku dan menyumbat saluran air.

7. Mencampur Sampah

Cara unik membuang sampah di jepang
Kalender sampah di Jepang

Jepang memiliki peraturan unik saat membuang sampah, setiap daerah memiliki jadwal pengambilan sampah menurut golongan sampah pada hari yang telah ditetapkan. Jadi jika kamu mencampur sampah tidak menurut golongan yang telah ditetapkan tersebut, petugas sampah tidak akan mengangkut sampah yang kamu buang karena dianggap tidak sesuai.

Maka dari itu pisahkan sampah menurut jenisnya dan buang sesuai jadwalnya, untuk mengetahui tatacara membuang sampah yang tepat silahkan baca Peraturan Unik Negara Jepang Tentang Cara Membuang Sampah.

Itulah beberapa hal sepele yang biasa saja bila kita lakukan di Indonesia tapi dilarang di Jepang. setelah tau jangan dilanggar yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *